PB JAYA RAYA |
BERITA

Turnamen Junior Yonex Sunrise International  Grand Prix 2024 Siap Digelar

08 July 2024



JAKARTA - Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Jaya Raya bersiap menjadi tuan rumah Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 di GOR PB Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, pada 9-14 Juli.

Sedianya 1.027 pemain yang terbagi atas 367 pemain mancanegara dan 660 pemain lokal turut bermain pada turnamen yang memperebutkan total hadiah 25.000 dolar AS (sekitar Rp374 juta) itu. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, tercatat 16 negara yang bertading yakni dari India, Malaysia, Iran, Kanada, Korea, Taipei, Kolombia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Myanmar, Jepang, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Uni Emirat Arab.

"Ajang bulutangkis Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 merupakan kehormatan bagi Jaya Raya untuk kembali menggelar turnamen junior level Grand Prix di tahun ini. Harapannya bukan hanya sukses sebagai penyelenggara tetapi juga sukses prestasi dari pemain junior Indonesia, terutama binaan PB Jaya Raya," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Aris Siswoko melalui keterangan tertulis. 

Turnamen yang sudah bergulir sejak tahun 2014 ini memainkan tiga kategori yakni U15, U17, dan U19 dengan total mempertandingkan 14 nomor, yang terdiri dari tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran. Khusus untuk ganda campuran hanya memainkan U17 dan U19. 

Turnamen junior internasional yang diselenggarakan di Indonesia, akan membantu pebulutangkis Tanah Air untuk mendapatkan poin peringkat tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk bertanding di luar negeri. Poin dari peserta Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 bakal terhitung di Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Harapannya, lanjut Aris, pihaknya akan terus mengembangkan serta meningkatkan kualitas turnamen agar bisa bergulir terus setiap tahun.

Ketua Yayasan Pembangunan Jaya Raya, Agus Lukita mengaku terkesan dengan jumlah peserta hingga 1.207 atlet. “Animo peserta sungguh luar biasa. Hal ini menunjukkan turnamen Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 diminati para pebulutangkis junior baik dalam maupun luar negeri yang tentunya meningkatkan kualitas turnamen yang sudah berlevel Grand Prix," ujar Agus.

Dari catatan yang ada, para pebulutangkis level senior tingkat dunia yang pernah mengikuti kejuaraan ini adalah Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Lanny Tria Mayasari, Rinov Rivaldy, dan Pitha Haningtyas Mentari. Diharapkan, turnamen  ini mampu melahirkan bibit-bibit pemain berkualitas yang kelak bisa mengharumkan Indonesia di pentas dunia.

Get the latest News and Offers
from PB Jaya Raya directly to you