PB JAYA RAYA |
BERITA

Peraih Medali Emas Olimpiade Barcelona

04 August 2020



Tangsel – Tanggal 4 Agustus merupakan tanggal yang paling bersejarah untuk olahraga Indonesia, khususnya cabang olahraga Bulutangkis. Hal ini dikarenakan Indonesia meraih dua medali emas untuk pertama kalinya, sudah 28 tahun momen berserjarah tersebut berlalu, tepatnya di tanggal 4 Agustus 1992 Indonesia mengikuti ajang Olimpiade di Barcelona, Catalunya, Spanyol.

Dari pertama kali Olimpiade diadakan di tahun 1952 Indonesia belum pernah berhasil memboyong medali emas pulang ke Indonesia. Namun ditahun 1992 Indonesia mendapatkan lima medali. Diantaranya dua medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu. Kelima medali tersebut disumbang dari cabang olahraga bulutangkis. Medali emas didapatkan atas berkat usaha, keyakinan dan kerja keras Susy Susanti, tidak hanya Susy Susanti yang menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di ajang bergengsi tersebut. Alan Budikusuma juga menyumbangkan emas untuk Indonesia di cabang Olahraga yang sama seperti Susy Susanti. Selang satu jam setelah Susy Susanti dinyatakan menang dari lawannya Bang Soo-hyun (Korea) dengan skor 5-11, 11-5, 11-3. Alan Budikusuma juga mempersembahkan medali emas ke dua untuk Indonesia setelah menaklukan rekan senegaranya Ardy B Wiranata dengan skor 15-12, 18-13.

Keberhasilan Susy Susanti dan Alan Budikusuma meraih medali emas di Olimpiade Barcelona membuat seluruh bangsa Indonesia terharu dan bangga memiliki beliau. Mereka patut dijadikan pahlawan karena sudah mengharumkan nama Indonesia dikacah Internasional melalui kejuaraan Olimpiade dicabang olahraga bulutangkis.

Get the latest News and Offers
from PB Jaya Raya directly to you